Giliran Mahasiswa Muslim Laporkan Rizieq Shihab ke Polisi

0
loading...

TERASBINTANG.com – Imam Besar FPI Rizieq Shihab kembali dilaporkan ke Polisi gara-gara isi pidatonya yang membahayakan keberagaman dan kerukunan antarumat beragama di Indonesia. laporan tersebut dilayangkan pada Selasa (27/12) kemarin.

Sebelumnya, Rizieq juga diseret ke Polda Metro Jaya oleh Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) untuk kasus yang sama.

 

Konten ceramah Rizieq Shihab yang menyindir Yesus dan Perayaan Natal dinilai sangat mengganggu toleransi yang sudah lama terjalin di Indonesia. Dan ini bukan yang pertama kali. Rizieq sudah banyak sekali menuai sorotan publik karena serampangan dalam berceramah di hadapan pengikutnya.

“Kami datang sebagai mahasiswa muslim. Kami putuskan untuk ikut melaporkan Rizieq agar dia tidak dianggap representasi umat Islam. Kami dari pihak muslim sendiri tersinggung,” kata Direktur Eksekutif Student Peace Institute (SPI) Doddy Abdullah di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan.

Di negara majemuk, kata Doddy, seharusnya Rizieq Shihab menghindari pembehasan mengenai rumah tangga agama lain, apalagi dalam ceramahnya, Rizieq jelas-jelas menghina dan menjelek-jelekkan agama orang lain.

Doddy juga menyitir Surat Al An’am ayat 108, yang melarang menghina Tuhan dan keyakinan agama lain.

“Kami tidak ingin relasi harmonis antara umat Islam dan Kristen terganggu gara-gara seorang Rizieq. Apalagi ini kan tidak sesuai dengan Surat Al An’am ayat 108,” tandas dia.‎

Laporan teregister dengan nomor LP/6367/XII/2016/PMJ/Dit.Reskrimsus tanggal 27 Desember 2016.

Selain Rizieq, Doddy juga melaporkan pemilik akun Twitter @sayareya yang mengunggah video ceramah Rizieq.

Keduanya diduga menyebarkan kebencian berdasarkan SARA yang diduga melanggar Pasal 156 KUHP tentang Penistaan Agama dan Pasal 28 ayat 2 Jo Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

loading...