Gubernur Bali Serukan Generasi Muda Amalkan Pancasila

0

TERASBINTANG.com – Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam apel serentak Nusantara Bersatu Pulau Dewata, menyerukan agar generasi muda tetap mengamalkan Pancasila, bukan memprovokasi melalui perbedaan.

“Seberapa jauh kita mengamalkan Pancasila? Kalau cuma semboyan saja semua bisa, kalau cuma tulisan semua bisa, kalau orasi semua bisa. Persoalannya, seberapa jauh kita bisa melaksanakannya?” kata Pastika di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali, Rabu (30/11/2016).

Pastika menambahkan, konsistensi mengamalkan Pancasila akan membuat Indonesia lebih damai dan bersatu. Ia pun yakin, jika Pancasila kembali diamalkan sebagai identitas bangsa, Indonesia akan jauh lebih hebat.

“Generasi muda harus mulai bertanya. Apa itu Pancasila? Apakah aku Indonesia atau Indonesia itu aku? Itu pertanyaan anak muda. Pancasila itu sudah sangat lengkap sebagai dasar negara. Cuma sering kali gagal paham atau tidak mau paham, itu persoalannya,” ujar Pastika.

Kemudian, Pastika menyatakan pengamalan Pancasila tidak perlu melulu secara formal dan resmi. Para tokoh masyarakat dan pemimpin kelompok diimbau oleh Pastika untuk turut mengajak masyarakat mengamalkan Pancasila.

“Jangan justru provokasi dan diperbesar perbedaan-perbedaan. Itu tidak Pancasila!” ucap Pastika.

KOMENTAR