Habib Rizieq Instruksikan Jamaahnya Kepung Lokasi Persidangan, Dagelan Apalagi?

0
loading...

TERASBINTANG.com– Imam Besar FPI Habib Rizieq dalam ceramahnya di sebuah kesempatan menyinggung soal sidang Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait penistaan agama. Sampai saat ini, sidang Ahok sudah digelar beberapa kali.

Habib Rizieq meminta jamaahnya untuk mengepung sidang Ahok yang akan digelar di Kemayoran, Jakarta, Selasa besok. Habib Rizieq kecewa karena massa GNPF lebih sedikit ketimbang massa pendukung Ahok di persidangan sebelumnya.

Bahkan Habib Rizieq menginsruksikan untuk membawa mobil komando, pengeras suara, supaya tidak kalah dengan massa pendukung Ahok.

“Karena mereka yang mulai duluan, hari Selasa besok, ayo rame-rame kepung gedung pengadilan. Kita bawa mobil komandonya, bawa sound systemnya. Kita tegakkan keadilan,” kata Habib Rizieq.

Instruksi Rizieq tesebut dikritik oleh Firmansyah dari Madjid Politika. Menurutnya, hadirnya massa dalam jumlah ribuan atau puluhan ribu sekalipun, tidak akan mempengaruhi proses persidangan. Karena majelis hakim pengadilan melihat kekuatan fakta-fakta yang terungkap di persidangan, bukan peradilan opini yang dibangun di ruang terbuka.

“Seharusnya tidak usah Habib rizieq seperti itu, tidak perlu emosional. Kalau begitu kan Habib Rizieq kesannya emosional. Putusan pengadilan melihat fakta-fakta yang terungkap di dalam persidangan, bukan unjuk gigi lebih banyak massa,” katanya.

Sebaliknya, hadirnya massa dalam jumlah banyak malah rentan menyebabkan terjadinya kontak fisik yang bisa saja mengancam keamanan. “Kalau banyak massa di pengadilan, malah rentan menimbulkan kericuhan. Apalagi jika 2 kubu ada di lokasi yang sama,” katanya.

loading...