Hadapi Demo 4 November, TNI dan Polri Tampak Akrab Penuh Kekompakan

0

TERASBINTANG.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian RI terus saling berkoordinasi mengenai strategi pejagaan tata tertib dan keamanan menjelang gelaran demo Bela Islam II yang akan berlangsung pada 4 November besok.

Menghadapi demo kali ini, TNI dan Polri tampak sangat karib dan penuh kekompakan. Dalam sebuah foto yang diterima redaksi, tampak dengan kasat mata, betapa komitmen sikap kedua institusi negara ini kuat dalam menjaga persatuan dan kesatuan.

Foto tersebut menampilkan sejumlah anggota Polri dan Prajurit TNI yang sedang berembuk mengenai strategi pengamanan dalam demo 4 November.

Rencananya, aksi itu akan dilangsungkan di beberapa titik di Jakarta, seperti di depan Bareskrim, Kantor Gubernur atau Balai Kota, dan Istana Negara.

Kapolri Tito Karnavian mengkonfirmasi kesiapan anak buahnya terjun menjaga keamanan demo. Pihaknya sudah menyiapkan puluhan ribu personel gabungan daeri TNI dan Polri.

“18 ribu hingga 20 ribu,” kata Tito dalam apel pagi “Gelar Pasukan PAM Aksi Unjuk Rasa” yang berlangsung di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (2/11).

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memerintahkan seluruh anggotanya agar tidak ragu ketika berada di tengah aksi demo. Gatot juga berpesan agar TNI bisa mengambil langkah tegas dan cepat jika aksi anarkis terjadi. (za)

KOMENTAR