Hadapi Praperadilan, Polisi Yakin Penangkapan Saipul Jamil Sesuai Presedur Hukum

0

TERASBINTANG.com –  Kuasa hukum Polsek Kelapa Gading Jakarta Utara, AKBP Aminullah menegaskan, pihaknya siap menghadapi upaya prapeadilan yang diajukan kuasa hukum Saipul Jamil. Polisi, kata dia, sudah siap menjawab berbagai tuduhan yang akan diajukan.

Beberapa tuduhan itu seperti penangkapan yang dilakukan tanpa surat perintah dan alat bukti. Menurut Aminullah, surat perintah bisa diabaikan oleh polisi bila pelaku tertangkap tangan. Hal itu ada dalam Pasal 1 Ayat 19 KUHAP, yakni Saipul Jamil ditangkap sesaat setelah melakukan tindak pelecehan terhadap korban DS.

“Surat perintah penangkapan itu setelah yang tersangka itu dibawa ke Polsek Kelapa Gading. Kalau tertangkap tangan mana bisa, kan kita belum tahu siapa” ujar Aminullah usai menghadiri sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (10/3/2016).

“Jadi tertangkap tangan itu saat kejadian dia langsung ditangkap. Bisa sesaat setelah kejadian dia ditangkap. Atau beberapa saat setelah kejadian. Ada pasal 1 Angka 19 kuhap apa yang dimaksud, (kejadian) jam empat, jam lima kita datang kesana,” imbuynya.

Gugatan praperadilan itu kini sudah disidangkan di PN Jakut. Hari ini merupakan agenda perdana sidang gugatan tersebut.

“Agenda hari ini penyerahan berkas dari pihak termohon (Polsek) dan pemohon (Ipul). Seharusnya hari ini kita menanggapi atas permohonan si pemohon, karena pemohon masih ada kesalahan, dan kita perlu memberikan tanggapan tertulis maka diundur besok,” tuturnya. (SUM)

KOMENTAR