Hadapi Tantangan Baru, Jokowi Ajak TNI-Polri Tinggalkan Tradisi Lama

0
loading...

TERASBINTANG.com – Presiden Joko Widodo mengajak para perwira TNI-Polri untuk meninggalkan trandi kerja lama dan mulai bersiap menciptakan tradisi baru untuk menghadap tantangan baru di era persaingan bebas.

Ajakan itu disampaik Jokowi dalam forum  Rapim Polri-TNI di Auditiorium PTIK, Jl Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (29/1/2016).

“Sudah berulang kali saya sampaikan dan akan saya sampaikan lagi bahwa kita sudah masuk era persaingan dan era kompetisi karena kita sudah masuk MEA. Ini baru satu blok di lingkup ASEAN,” kata Jokowi.

Dalam waktu dekat, kata Jokowi, Indonesia juga akan masuk era persaingan yang lebih luas. Indonesia akan masuk ke TPP, kemudian juga era persaingan dengan Uni Eropa dan juga harus bersaing dengan negara adidaya, Tiongkok.

“Mau tidak mau kita harus berhitung mengkalkulasi untung atau ruginya masuk ke blok. Kalau tidak, produk kita masuk ke sana bisa kena pajak 15-20 persen dan mengkin lebih besar dari itu. Artinya produk kita tidak kompetitif,” jelas Jokowi.

“Oleh sebab itu kita harus mulai meninggalkan pola lama, cara lama, tradisi lama yang menyebabkan ketidakcepatan  merespon persaingan global. Inilah profesionalisme ada di sini,” imbuhnya. (SUM)

loading...