Hamdi Muluk: Sandiaga Uno Paling Petensial Saingi Ahok

0

TERASBINTANG.com – Munculnya sejumlah tokoh yang ingin maju di laga Pemilihan Gubernur DKi Jakarta 2017 nanti membuat pesta demokrasi lima tahunan ini makin seru. Taruhlah, sosok seperti Yusril Ihza Mahendra, Sandiaga Uno, Ahmad Dhani, Nahrawi Ramli, Adhiyaksa Dault, hingga petahana sendiri, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dipastikan akan terjun di laga ini.

Hingga saat ini, berbagai lembaga survei masih menempatkan Ahok sebagai calon paling kuat. Namun demikian, bukan berarti mantan Bupati Belitung Timur itu tidak bisa dikalahkan.

Pakar psikolog politik dari Universitas Indonesia, Hamdi Moeloek, melihat, tokoh yang paling mungkin untuk menjadi penantang Ahok, tentu saja dengan akapasitas yang dimiliki, adalah Sandiaga Uno.

“Kalau dilihat sekarang, mungkin Sandi yang paling mampu (menyaingi Ahok). Dia masih muda, hanya kalahnya dengan Ahok soal track record di pemerintahan. Sisanya hanya tinggal di-branding,” ungkap Hamdi.

Selain Sandi, cukup berat bagi kandidat lain untuk mengalahkan Ahok. Maka dari itu, perlu ada ramuan marketing yang mumpuni yang bisa mengangkat citra seorang kandidat dalam waktu singkat.

Ahok, misalnya, sudah memiliki citra di mata publik sebagai sosok yang bersih, tanpa kompromi, dan berani.

“Sandiaga kalau mau menyaingi juga harus tampil seperti itu, tetapi dia harus juga punya branding yang lain,” kata dia.

Nama Sandiaga kini masih dalam penjaringan bakal calon gubernur DKI Jakarta yang dilakukan oleh Partai Gerindra.

Ada empat nama lain yang juga masuk dalam penjaringan ini, yakni Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik; anggota DPRD, Mohamad Sanusi; Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPR RI Ahmad Muzani; dan anggota Fraksi Partai Gerindra di DPR RI, Biem Benjamin.

Penentu cagub yang akan diusung Gerindra nantinya akan berada di tangan Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto. (fk)

KOMENTAR