Hanif Dhakiri Larang Buruh Ikut-ikutan Demo 2 Desember

0

TERASBINTANG.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri menghimbau agar buruh tidak ikut-ikutan berdemosntrasi pada 2 Desember mendatang yang bertepatan dengan Aksi Bela Islam III.

Meski demonstrasi merupakan hak untuk mengutarakan pendapat, namun Menteri Hanif berharap agar aksi buruh dilakukan pada hari yang lain.

“Saya sudah keluarkan imbaun. Demo itu merupakan hak, tetap kan selain harus tertib aturan kan. Lagi pula kalau mau demo, demo saja. Ngapain dibareng-barengin, kan tanggal masih banyak kenapa mesti tanggal itu (25 November atau 2 Desember),” ujar Hadif, dikutip dari rmol, Jumat (24/11).

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal sempat mengungkapkan, buruh bakal mengelar aksi mogok nasional pada 25 November atau 2 Desember mendatang.

Said menjelaskan alasan buruh ikut turun ikut bergabung dalam demo 2 Desember mendatang karena meilhat Aksi 4 November sebagai gerakan rakyat dan bukan hanya berfokus pada aksi bela Islam saja. Sehingga buruh yang menilai arogansi kekuasaan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dikendalikan oleh pemodal merasa terpanggil untuk ikut turun ke jalan.

“Ini bagi buruh berbahaya untuk demokrasi. Nanti orang yang nggak bayar upah minimum nggak dipenjara, tidak dibayar jaminan sosial nggak dipenjara. Arogansi kekuasaan, sikap buruh ada di situ. Kami resmi siap bergabung, dengan resiko apapun,” tutup Said beberapa waktu lalu.

KOMENTAR