Hari Ini, Polri Luncurkan E-Tilang, SIM Online, dan E-Samsat

0

 

TERASBINTANG.com – Setelah kemarin dikabarkan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) akan melakukan terobosan baru, kini inovasi berbasis teknologi digital online yakni E-Tilang, SIM Online, dan E-Samsat resmi diluncurkan di Jakarta, Jumat, (16/12/2016).

“Program ini merupakan langkah dan upaya dari kepolisian untuk mengurangi dan meminimalisasi pungutan liar (pungli) oleh petugas di lapangan. Diharapkan dengan diresmikannya penerapan teknologi ketiga aplikasi ini, pelayanan publik yang dilakukan oleh Polri terhadap masyarakat akan semakin maksimal dengan cepat, tepat, mudah, dan transparan,” terang Kepala Korlantas Mabes Polri Irjen Pol Budi Maryoto di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

Seperti diketahui, sistem E-Tilang memudahkan pengurusan dan pembayaran denda tilang dengan memanfaatkan teknologi Android dan jaringan Host to Host Real Time Online. SIM Online memudahkan pengurusan pembuatan dan perpanjangan SIM dan dapat dilakukan di satpas, gerai SIM, dan SIM keliling di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan data di server e-KTP Kementerian Dalam Negeri.

E-Samsat dibuat untuk meningkatkan pelayanan pembayaran pajak daerah dan registrasi kendaraan bermotor dengan menghadirkan inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan.

Adapun Pembayaran bisa dilakukan melalui ATM sehingga masyarakat dapat membayar kewajiban pajak kendaraan bermotor mereka dengan cepat dan praktis.

 

 

loading...