Hati-Hati! Foto Facebook Mampu Bobol Smartphone

0

JAKARTA, TERASBINTANG – Meski terlihat aman dan cukup diandalkan, namun sistem keamanan berbasis biometrik nyatanya mampu dibobol hanya dengan berbekal foto yang bisa diperoleh di jejaring sosial seperti Facebook.

Seperti dilansir dari Softpedia, para peneliti dari Univeritas North Carolina membuktikannya dengan melakukan eksperimen dengan menggunakan lima software keamanan berbasis pengenalan wajah yang cukup banyak digunakan di perangkat smartphone dan laptop, yaitu 1U App, BioID, KeyLemon, Mobiues serta True Key.

Pada percobaan yang mereka lakukan, peneliti berhasil membuktikan kalau foto yang diperoleh melalui internet, utamanya jejaring sosial Facebook, terbukti bisa dipakai untuk membobol sistem keamanan aplikasi pengenalan wajah. Namun untuk melakukannya, foto Facebook diproses dengan aplikasi permodelan tiga dimensi dan selanjutnya ditransfer pada perangkat vritual reality (VR). Tampilan layar dari perangkat VR inilah yang kemudian dipakai untuk membobol sistem keamanan berbasis pengenalan wajah.

Para peneliti mengatakan, pembobolan sistem keamanan berbasis pengenalan wajah memang bisa dilakukan menggunakan foto Facebook yang notabene punya resolusi rendah. Hanya saja, kemungkinan keberhasilannya cukup kecil. Namun, jika foto yang digunakan beresolusi tinggi, maka tingkat keberhasilan mencapai 100 persen.

Pembobolan sistem keamanan berbasis biometrik juga sebelumnya pernah dilakukan oleh FBI pada perangkat iPhone dalam kasus teroris San Bernadino, California, Amerika Serikat. (dt/sn/lp)

KOMENTAR

loading...