Hati-hati Nonton Gerhana Matahari 9 Maret, Melihat dengan Mata Telanjang Sebabkan Kebutaan

0

TERASBINTANG.com –  Fenomena gerhana matahari di beberapa wilayah Indonesia yang akan terjadi pada 9 Maret nanti mendapat perhatian banyak kalangan, baik di dalam maupun luar negeri.

Namun, bagi anda yang mau menonton peristiwa langka tersebut, jangan sampai melihat dengan mata telanjang. Mojopahit Astronomy Club (Mojopahit Astro) mengatakan, melihat gerhana matahari dengan mata telanjang bisa mengakibatkan kebutaan.

Ketua Mojopahit Astro Siti Alfa Nurhayati mengatakan, bagi masyarakat yang mau melihat gerhana sebaiknya menggunakan kaca mata khusus atau alat lain yang seperti film foto.

“Kami sampaikan kepada masyarakat bahayanya melihat gerhana matahari dengan mata telanjang bisa terjadi kebutaan. Karena sewaktu sinar matahari kembali nampak seperti flash kamera. Bisa merusak kornea mata,” jelas Alfa kepada wartawan, Minggu (6/3/2016).

“Saran kami jika ingin melihat gerhana matajari agar memakai kacamata khusus yang bisa meredam cahaya matahari. Bisa juga memakai klise (film foto) black and white. Meski gerhana matahari yang terlihat dari sini tidak total tetap berbahaya bagi penglihatan,” imbuhnya. (SUM)

KOMENTAR