Hermawan Sulistiyo: Mereka Itu Pemain yang Punya Agenda Politik

0
loading...

TERASBINTANG.com – Pengamat Kepolisian Hermawan Sulistyo memberikan jempol terhadap performa aparat penegak hukum, dalam hal ini Kepolisian RI, yang berhasil mengamankan demo 2 Desember kemarin.

Menurutnya, Polri di bawah kepemimpinan Tito semakin piawai mengelola dentuman massa, terutama dalam menghalau segala potensi terburuknya.

“Polisi semakin pintar. Polri saat ini sudah menyadari bahwa masalah sosial tidak bisa disatukan dengan masalah politik,” ujar pria yang akrab disapa Kiki ini kepada Liputan6.com, Jumat, 2 Desember 2016.

Menurut Hermawan, demo tersebut termasuk problem sosial yang harus dihadapi dan dikelola dengan baik. Di luar itu, ia juga mengakui ada faksi politik gerombolan Ratna Sarumpaet Cs yang ingin menunggangi dan memanfaatkan massa.

“Jadi janganlah masalah sosial dimanfaatkan untuk kepentingan yang sifatnya politis,” ungkap Hermawan.

Dia mengendus adanya upaya menggulingkan Jokowi dari kursi RI 1 diluar jalur konstitusi, yang dibuat menyerupai demo melengserkan Presiden Soeharto tahun 1998.

“Kalau dulu itu kan krisis ekonomi, terjadi konflik multidimensi, presiden korup. Sekarang semuanya baik. Malah kalau diteruskan bisa mengganggu stabilitas ekonomi kita,” kata dia.

Mengenai penjemputan paksa polisi terhadap 8 orang aktivis Jumat pagi, Hermawan berujar cara tersebut bukanlah wujud pemerintahan antikritik dan tangan besi seperti era Orde Baru.

Ia mengaku tahu sepak terjang beberapa aktivis yang kini masih diperiksa penyidik Polda Metro Jaya di Markas Komando Brimob Kelapa Dua Depok atas tindakan makar

“Mereka itu ‘pemain’. Ya punya agenda politislah. Saya tahu karena beberapa di antaranya bersama saya tahun 98 berdemo. Sekarang ideologi mereka berubah,” tutup Hermawan.

loading...