Himbauan Kapolri Terkait Demo 2 Desember

0

TERASBINTANG.com– Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengeluarkan himbauan kepada masayarakat yang akan melakukan aksi demo 2 Desember nanti. Salah satu himbauannya, Tito meminta massa demo tidak melakukan shalat Jum’at di jalan raya di jalan Jenderal Sudirman- Thamrin.

Aparat penegak hukum terus berkomunikasi dengan pimpinan demo supaya patuh terhadap aturan yang berlaku.”Akan kita lakukan sambil komunikasi dengan teman-teman yang akan berdemonstrasi. Saya yakin merka juga mau berkomunikasi,” kata Jendral Tito Karnavian, Jumat (25/11/2016).

Apabila massa aksi 2 Desember nekat melakukan shalat Jum’at di jalan raya, aparat bisa bertindak tegas melakukan pembubaran paksa demi kemaslahatan yang lebih luas yaitu menjaga ketertiban dan kepentingan umum. Apalagi jalur Sudirman- Thamrin termasuk jalur protokoler pusat aktivitas bisnis.

“Dari kajian hukum tidak dibenarkan, sesuai pasal 6 dan 15 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1998, tidak boleh mengganggu ketertiban umum dan bisa dibubarkan,” ujar Tito.

Jika massa tidak patuh aturan lalu memberikan perlawanan dengan menyerang petugas keamanan, pihaknya akan memproses secara hukum sesuai aturan yang berlaku. “Kalau melawan petugas, nanti ada pasal-pasal lain,” pungkasnya.

KOMENTAR