Ini Alasan Ketua Bawaslu DKI Hadiri Rapat Internal Tim Ahok-Djarot

0
loading...

TERASBINTANG.com – Ketua Bawaslu DKI Jakarta Mimah Susanti bersama Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno menghadiri rapat internal tim pemenangan pasangan cagub-cawagub DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat di Hotel Novotel, Jakarta Barat, Kamis (9/3/2017).

Mimah menjelaskan, kehadirannya dalam rapat tersebut atas undangan tim Ahok-Djarot. Dirinya dihubungi anggota tim pemenangan Ahok-Djarot, Merry Hotma pada Selasa lalu. Mereka juga mengirimkan undangan resmi kepada Mimah.

“Ibu dikontak untuk hadir dalam kegiatan raker ini. Materinya apa, Ibu tanya. Katanya evaluasi pemilukada putaran pertama,” ujar Mimah kepada Kompas.com, Jumat ini.

Saat itu Mimah bertanya kepada Merry apakah KPU DKi juga diundang. Sebab, evaluasi harus dilakukan KPU dan Bawaslu DKI Jakarta, bukan hanya KPU atau Bawaslu. Tim Ahok-Djarot mengonfirmasi bahwa KPU DKI Jakarta juga akan hadir dalam rapat.

“Datanglah Ibu pas acara. Di sana presentasi indeks kerawanan pemilukada dan realitas kerawanannya yang terbukti terjadi pada pelaksanaan tahapan di putaran pertama,” kata dia.

Mimah menyampaikan hasil evaluasi tim investigasi Bawaslu RI dan Bawaslu DKI Jakarta di 60 TPS di DKI Jakarta yang diduga terjadi pelanggaran pada putaran pertama Pilkada DKI Jakarta 2017. Menurut Mimah, semua hal yang dia bicarakan di dalam rapat tersebut direkam oleh Panwaslu yang mendampingi Mimah.

Usai Mimah mempresentasikan materinya, tim Ahok-Djarot menyampaikan kritik terhadap KPU dan Bawaslu DKI Jakarta terkait kinerja penyelenggara di TPS dan saran untuk putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017.

“Ada juga yang menyampaikan spanduk-spanduk yang diduga mengarah pada paslon mereka, minta Bawaslu tegas, Bawaslu harus netral,” kata Mimah.

Mimah mengaku dirinya sebenarnya juga pernah menghadiri acara yang digelar tim pemenangan pasangan cagub-cawagub Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)-Sylviana Murni pada putaran pertama.

“Ibu pernah diundang tim kampanye AHY untuk hadir sebagai narasumber,” tutur Mimah.

loading...