Isu 10 Juta TKA Asal China Itu Bohong!

0
loading...

TERASBINTANG.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly menegaskan kembali isu yang muncul di sosial media mengenai pekerja ilegal asal China yang ada di Indonesia. Yasonna membeberkan data sebenarnya mengenai jumlah tenaga kerjja asing dari Tiongkok hanya di kisaran 20 ribu. Jumlah ini jauh dari angka yang menyebar secara massif di sosial media.

“Itu hoax! Gak ada 10 juta dari mana. Itu kan sudah dibilang Menkominfo sudah ketahuan siapa yang blow up, sekarang banyak yang hoax-hoax,” ujar Yasonna, Jakarta Selatan, Kamis (29/12).

Menurut Yasonna, Imigrasi terus memantau perlintasan para TKA asal Cina.m “Yang kerja itu 21 ribu, kan kadang-kadang keluar masuk misal dia pulang, jadi data perlintasan tentu lebih besar. Karna perlintasan transaksi. Itu yang jadi perbedaan angka kita,” kata Yasonna.

Ia pun menengarai ada motif dan tujuan untuk memprovokasi massa dalam isu tersebut. dalam isu tersebut. “Tindak kalau nggak ada buktinya ini ada maksud-maksud provikasi,” katanya.

Menurutnya, jumlah tersebut masih sangat wajar bila dibandingkan dengan jumlah jumlah penduduk Indonesia. Pasalnya, jika dibandingkan dengan tenaga kerja asal Indonesia (TKI) di luar negeri, jumlahnya jauh lebih banyak.

“Kita harus fair, tenaga kerja di Malaysia dua juta, tapi tidak ribut, Singapura juga 200 ribu, di Hongkong 200 ribu, yang penting dengan jumlah ini kita awasi betul-betul,” ungkapnya.

Ia pun mengajak semua pihak turut memantau dan mengawasi pekerja asing yang ilegal.

loading...