Isu 10 Juta TKA Asal China Ternyata Cuma Fitnah Keji Kaum Salawi, Ini Klarifikasi Pemerintah

0
loading...

TERASBINTANG.com – Kementerian Sekretariat Negara akhirnya angkat bicara mengenai isu kedatangan 10 juta tenaga kerja asing asal Tiongkok. ke Indonesia. melalui akun Twitter resminya, @KemensetnegRI, Kemesesneg menegaskan bahwa isu tersebut adalah bohong besar.

“Kemungkinan angka itu diolah dari target kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman),” katanya, belum lama ini.

Bahkan, katanya, jumlah target untuk wisatawan mancanegara asal Greater China (China, Hongkong, Macau, dan Taiwan) tidak sampai di angka 10 juta.

“Ini angka provokasi karena dalam target jumlah kunjungan wisman dari Greater China pun tidak ada angka itu,” tulis Kemensetneg di poster lain.

Hingga saat ini, jumlah TKA di Indonesia secara keseluruhan ialah 74.183 orang. Dari jumlah tersebut, terdapat 21.271 tenaga kerja asal China yang menempati urutan pertama jumlah tenaga kerja asing di Indonesia. Kemudian disusul Jepang dengan jumlah 12.490 tenaga kerja.

Bila dibandingkan dengan jumlah TKI yang ada di negara lain, seperti di Malaysia, misalnya, angka TKA yang ada di Indonesia belumlah seberapa. Menurut data tersebut, ada dua juta TKI yang bekerja di Malaysia dari total 31 juta penduduk Malaysia. Hongkong juga menjadi contoh berikutnya, dari total tujuh juta penduduk Hong Kong, ada 153 ribu TKI yang bekerja di sana.

“Rerata jumlah pekerja asing di Indonesia berada di kisaran 70 ribuan (dari semua negara). Sekitar 0,027 persen jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang sekitar 257 juta atau sekitar 0,05 persen jika dibandingkan dengan angkatan kerja Indonesia tahun 2016 yang sekitar 128 juta,” tulis Kemensetneg.

loading...