Isu Jutaan Pekerja China Masuk ke NKRI Ternyata Hoax

0
loading...

TERASBINTANG.com — Presiden Jokowi meluruskan kabar yang berseliweran terkait jutaan pekerja dari China yang masuk ke Indonesia melalui program bebas visa. Jokowi menegaskan bahwa kabar itu tidak benar.

“Tapi juga jangan sampai ada isu-isu karena banyak yang bersuara. Katanya tenaga kerja Tiongkok masuk di Indonesia 10 juta, 20 juta yang hitung itu kapan. Hitungan kita 21 ribu,” kata Jokowi dalam acara Deklarasi Pemagangan Nasional ‘Menuju Indonesia Kompeten’ di Karawang International Industry City, Jawa Barat, Jumat (23/12/2016).

Presiden Jokowi membanding jumah tenaga kerja Indonesia di luar negeri dengan jumlah tenaga kerja asing di dalam negeri. Dan angka tenaga kerja Indonesia jauh lebih besar. Di Malaysia, ada sekitar 2 juta orang TKI asal Indonesia. Di Arab Saudi, lebih dari satu juta, dan Hongkong ratusan ribu. “Negara mereka welcome dan biasa biasa saja,” ujarnya.

Tidak mungkin, kata Presiden Jokowi lebih lanjut, pekerja asing di Indonesia mencapai jutaan jumlahnya sebab gaji di Indonesia lebih kecil dibandingkan di negera asal mereka. Isu pekerja China mencapai jutaan di Indonesia terlalu dilebih-lebihkan dan didramatisir.

“21 ribu, sangat kecil sekali. Jadi jangan ditambahi nol terlalu banyak,” Presiden Jokowi mengingatkan.

loading...