Jakarta Lumpuh Akibat Demo Sopir, BIN Selama Ini Ngapain Aja?

0

TERASBINTANG.com – Aksi unjuk rasa sopir taksi konvensional yang memprotes keberadaan angkutan umum online, Selasa (22/3), membuat Jakarta lumpuh. Aksi tersebut seakan tak ada antisipasi dari petugas keamanan sehingga berujung anarkis.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Ari Junaedi mengatakan, intelijen seharusnya sudah tahu dan bisa mencium aksi-aksi anarkis itu sebelum kejadian. Tindakan preventif dan saran kepada stakeholder keamanan lalai diberikan oleh BIN.

Kejadian ini pun seperti menjadi tamparan bagi Presiden, seolah-olah pemerintah membiarkan terjadinya bentrokan di akar rumput antara pengemudi angkutan umum dengan pengemudi angkutan lainnya. Bahkan pengemudi ojek aplikasi pun terkena getahnya.

“Rakyat seperti dibiarkan diadu dan dibenturkan. Persoalan ini kan muncul karena ketidaktegasan aparat yang menangani angkutan dan lemahnya antisipasi pihak keamanan. Seolah-olah pemerintah absen dan lalai atas kejadian yang memprihatinkan ini,” ungkap Ari Junaedi

‎Bila saja aparatus intelijen mumpuni dengan kepemimpinan BIN yang hebat, lanjut Ari, tentu tidak akan kecolongan. “Cukup sudah Jakarta dibuat lumpuh dengan aksi anarki dan Presiden harus mencopot bawahannya yang tidak becus kerja,” demikian Ari. (fk)

KOMENTAR