Jelang UN SMA, Anies Minta Siswa Hanya Percaya Kemampuan Diri Sendiri

0

TERASBINTANG.com – Ujian Nasional (UN) untuk SMA dan sederajat mulai dilaksanakan pagi ini. Banyak tersebar tentang jawaban ujian atau soal-soal yang bocor sejak kemarin. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan meminta para siswa untuk tidak percaya jawaban tersebut.

“Jangan percaya, selalu ada orang yang mau memanfaatkan. Jangan percaya degan jawaban-jawaban yang tidak jelas, apalagi yang mengaku jawaban dari komputer,” kata Anies, Senin (4/4).

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu meminta agar seluruh siswa percaya dengan kemampuan diri sendiri. Dia pun mengingatkan agar para siswa mengawali UN dengan berdoa.

“Selalu saja ada orang yang mau menipu. Jadi jangan mau ditipu. Tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang punya percaya diri dan berintegritas,” ucapnya.

“Saya mengingatkan kepada semua untuk tidak melakukan cara-cara yang tidak terpuji sewaktu UN, seperti menyontek atau percaya pada mereka yang menawarkan jawaban,” sambung Anies menegaskan.

Hari ini Anies akan memantau proses UN di Surabaya. Seperti diketahui, Kota Pahlawan tersebut merupakan satu-satunya kota yang melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK) 100 persen. (fk)

KOMENTAR