Jika 3 in 1 Mau Dihapus, Polisi Minta Pemprov DKI Siapkan Alternatif yang Lebih Baik

0

TERASBINTANG.com – Rencana penghapusan sistem 3 in 1 di jalur-jalur utama jalan DKI Jakarta sebaiknya dikaji ulang. Pasalnya, sistem tersebut selama ini cukup efektif mengurai kemacetan.

Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, pihaknya memang mau tidak mau harus melaksanakan penghapusan itu jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI benar-benar memutuskan untuk menghapusnya.

Hanya saja, kata dia, pihaknya meminta agar disiapkan alternatif yang lebih baik jika memang benar-benar mau dihapus. Sistem 3 in 1 diciptakan dan mulai dilaksanakan sejak tahun 2003 lalu di sepanjang Jalan Sudirman dan MH Thamrin mengurangi kepadatan kendaraan di jam sibuk sejak pukul 07.00 WIB, pukul 16.00 WIB, dan pukul 19.00 WIB.

“Secara empiris, terjadi pengurangan volume (kendaraan) di ruas penggal (Jalan Sudirman-MH Thamrin), volume kepadatan terjadi di jalanan sampingnya,” kata Budi pada wartawan, Jumat (1/4/2016).

Budi juga menegaskan bahwa pihaknya terus melakukan kajian. Di internal polisi, kata dia, berbagai pertemuan sudah dilakukan untuk memecahkan persoalan tersebut.

“Hasil rapat masih pro kontra, makanya kami akan terus melakukan rapat koordinasi. Untuk uji coba itu, itu akanndijadikan dasar final sistem 3 in 1 akan dihapus ataukah dijalankan terus,” pungkasnya. (SUM)

KOMENTAR