Jokowi Diminta Perhatikan Nasib Nelayan

0

TERASBINTANG.com – Bertepatan dengan Hari Nelayan Nasional, Rabu (6/4), para nelayan di Jakarta menggelar aksi menuntut pemerintah untuk memperhatikan nasib mereka. Pemerhati perikanan, Tjandra Setiadji mengatakan, pemerintah harus mendengarkan jeritan para nelayan. Pemerintah harus bertaggung jawab atas nasib buruk yang saat ini dirasakan nelayan.

“‎Buruk maksud saya, adanya kebijakan yang kurang menguntungkan para nelayan bahkan cenderung merugikan,” ujar Andy, sapaan akrab Tjandra, di Jakarta, Rabu (6/4).

Andy kemudian menyebutkan salah satu kebijakan yang dinilai merugikan nelayan adalah ketatnya perizinan operasional bagi kapal penangkap ikan. “Bayangkan, kapal yang sebelumnya sudah beroperasi sekian tahun, harus berhenti hanya karena tersendat izin dari kebijakan baru tersebut,” tambahnya.

Menurutnya, pemerintah seharusnya ekstra hati-hati dalam mengambil kebijakan terkait sektor perikanan. Sehingga kekayaan laut yang begitu besar bisa dimanfaatkan betul dan dapat menyumbang kemajuan negara.

“Di negara lain, sektor perikanan bukan hanya soal produksi ikan dan rekrutmen tenaga kerja nelayan dihargai, tetapi nelayan juga dianggap sebagai pahlawan,” tukasnya.

Dewan Pakar Mapikor ini menambahkan, aksi nelayan ini juga harus menjadi bahan bagi Presiden Joko Widodo untuk mengevaluasi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Namun demikian, Andy mengakui reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden. (fk)

KOMENTAR

loading...