Jokowi akan Lanjutkan Proyek Hambalang, Basuki: Saya Sudah Bentuk Tim Pakar

0

TERASBINTANG.com –Presiden Joko Widodo membuktikan bahwa kunjungannya ke megaproyek pembangunan Pusat Pelatihan, Pendidikan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat bukan semata sensai.

Kunjungan itu benar-benar bentuk keseriusan Jokowi untuk menyelamatkan aset negara. Karna itu, saat ini Jokowi sudah memerintahkan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk mengkaji kemungkinan untuk melanjutkan proyek senilai Rp 2,5 triliun peninggalan pemerintahan Soesilo Bambang Yudhoyono itu.

“Saya sudah membentuk tim dengan membawa pakar-pakar ITB, UGM dan lainnya untuk mengaudit teknisnya, gedungnya dan kondisi geologisnya,” kata Basuki di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (23/3/2016).

Menurutnya, ada tiga arahan Presiden Jokowi kepada dirinya terkait Hambalang.  Pertama, Presiden meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengaudit secara menyeluruh proyek tersebut dari sisi anggaran.

Kedua, Presiden juga meminta dilakukan audit secara teknis proyek tersebut. Audit teknis akan mencakup kelayakan proyek tersebut secara struktur. Terakhir, setelah audit finansial dan teknis dilakukan, maka akan dibahas di sidang kabinet.

Dengan bekal tiga arahan itu, kata dia, pihaknya sudah membentuk tim untuk melakukan audit secara teknis.  Kajian secara teknis ini, kata dia, diperkirakan akan selesai dalam waktu satu bulan.

“Kalau sudah (selesai audit), baru dibawa ke sidang kabinet untuk diputuskan,” tegasnya. (SUM)

KOMENTAR

loading...