Jokowi: “Soft Approach” Adalah Cara Terbaik Tuntaskan Kelompok Bersenjata

0
loading...

TERASBINTANG.com – Presiden Joko Widodo menekankan agar pendekatan halus (soft approach) perlu diperioritaskan untuk menangani Gerakan Aceh Merdeka (GAM), termasuk juga untuk kelompok bersenjata di daerah lain.

“Pola yang dilakukan untuk penyelesaian GAM sesuai dengan Keppres 22 Tahun 2005, maka akan diterapkan di berbagai daerah,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung, menyampaikan pernyataan Presiden Jokowi, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1/2016).

“Pendekatan soft approach selalu menjadi prioritas bagi pemerintah ini karena kami berkeyakinan pendekatan soft approach ini jauh lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya,” ucap Pramono.

Lanjut Pramono, pemerintah juga ingin kasus pelanggaran HAM di masa lalu diselesaikan dengan cara terbaik, “Persoalan-persoalan HAM tetap menjadi prioritas untuk diselesaikan dan tidak menjadi beban bagi generasi mendatang,” ucap Pramono.

Presiden Jokowi menyatakan akan memberikan amnesti kepada Din Minimi bersama 120 prajuritnya dan memilih menyerahkan seluruh senjata api yang mereka miliki. (Rs)

loading...