Kalau Jessica Menang Praperadilan pun, Polsek Tanah Abang Tetap Tak Mau Membebaskan

0

 

TERASBINTANG.com –  Kuasa hukum Polsek Tanah Abang, AKBP Aminullah, menegaskan bahwa seandainya hakim menerima gugatan praperadilan yang diajukan Jessica Kumala Wongso, pihaknya tetap tidak akan mau membebaskan tersangka pembunuhan Mirna itu.

Alasannya sederhana, kata Aminullah, yang melakukan penahanan adalah Polda Metro Jaya, bukan Polsek Tanah Abang.

“(Misalkan) Nanti diputus termohon agar segera mengeluarkan tahanan, yang diperihtah Polsek Tanah Abang sedangkan yang nahan kan Polda. Putusan yang tidak mempunyai kekuatan hukum sehingga tidak bisa dilaksanakan,” kata Aminullah menanggapi pernyataan Yudi melalui wartawan di PN Jakpus, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (1/3/2016).

Pengacara Yudi Wibowo Sukinto sebelumnya meminta kepada Polsek Tanah Abang untuk membebaskan Jessica bila hakim memenangkan dirinya. Tapi, ternyata hakim menolak seluruh gugatan Jessica.

“Dalam Perkapolri Nomor 22 Tahun 2010 sudah jelas pembagian tanggung jawabnya kalau dari bawah ditarik ke atas benar, tapi anak buah tidak bisa mempertanggungjawabkan perbuatan atasan,” jelasnya.

“Yang melakukan perbuatan hukum Polda, seharusnya pihaknya (tergugat) minimal ada dua, tapi kan masih ada kesempatan. Mungkin dia mau mengajukan lagi,” imbuhnya. (SUM)

KOMENTAR