Kapolri Berencana Bangun Markas Komando, Kemampuan Densus 88 Dipastikan Meningkat

0

TERASBINTANG.com — Pemerintah akan menggelontorkan dana senilai Rp 1,9 triliun untuk meningkatkan fasilitas dan perlengkapan Satuan Detesemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti belum lama ini mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan dana tersebut guna memperkuat Densus 88. Baik dalam jumlah personel, peningkatan kinerja, hingga fasilitas.

“Densus harus diperkuat. Diperkuat artinya personel ditambah, kewenangan seusuai UU diberikan penambahan, anggaran ditambah, fasilitas peralatan juga ditambah. Jadi jangan hanya Densus diperkuat dengan personelnya ditambah, kalau anggaran enggak ditambah juga enggak bisa,” kata Badrodin Haiti.

Orang nomor satu di institusi kepolisian itu belum merinci akan digunakan apa saja dana sebesar Rp 1,9 triliun tersebut. Namun dia mengisyaratkan akan membangun Markas Komando (Mako) Densus 88 karena yang ada sekarang ini terbilang sempit.

“Belum dirinci. Mako-nya (markas komando) kan tentu perlu. Sekarang Mako Densus kan nyelempit di situ,” katanya.

Yang juga tak kalah penting, Kapolri memastikan Densus 88 harus dikembangkan pengetahuan mereka. Pasalnya tindak kejahatan dari tahun ke tahun terus berkembang seiring meningkatnya teknologi dan sistem informasi.

“Tuntutan profesi harus ditingkatkan setiap tahun. Harus ada penyegaran, harus ada ada update kemampuan,” papar Badrodin Haiti.

(Wa)

KOMENTAR