Kapolri Akan Tindak Polisi yang Lakukan Pungli

0
loading...

TERASBINTANG.com – Aplikasi tilang online telah diresmikan oleh Polri. Di samping bertujuan untuk mempermudah pengguna jalan yang mendapat bukti pelanggaran (tilang), juga agar menghilangkan praktik pungutan liar (pungli) yang dilakukan petugas kepolisian.

Hal ini sebagaimana dituturkan oleh Kepala Jenderal (Pol) Tito Karnavian, jika ada petugas polisi yang tetap nakal maka akan langsung ditindak. Sebab, hal itu mencemarkan nama baik polisi di mata masyarakat luas.

“Akan kita tindak kalau ketahuan. Selama tiga bulan ke depan kita juga akan lakukan evaluasi,” tutur Tito.

Ia menambahkan, dari hasil evaluasi tersebut dilihat mana titik kelemahan, dan celah mana yang dipergunakan calo atau oknum polisi yang curang. Kemudian akan diperbaiki agar tidak ada kecurangan oleh semua pihak.

Sebagaimana diketahui, Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) meluncurkan inovasi berbasis teknologi digital online yakni E-Tilang, SIM Online, dan E-Samsat resmi diluncurkan di Jakarta, Jumat, (16/12/2016).

Program tersebut merupakan langkah dan upaya dari kepolisian untuk mengurangi dan meminimalisasi pungutan liar (pungli) oleh petugas di lapangan. Diharapkan dengan diresmikannya penerapan teknologi ketiga aplikasi ini, pelayanan publik yang dilakukan oleh Polri terhadap masyarakat akan semakin maksimal dengan cepat, tepat, mudah, dan transparan.

loading...