Kecerdasan Anak Meningkat Drastis Ketika Ibu Mendampinginya di Momen Ini

0
loading...

TERASBINTANG.com — Sebuah studi baru yang dilakukan University of Essex dan University College London mengukapkan hasil temuan menarik tentang ibu dan anak. Kemampuan kognitif (otak) dan sosial anak meningkat signifikan ketika anak banyak menghabiskan waktu bersama orang tua khususnya ibu.

Ibu wajib setiap saat menemani anaknya antara usia 3- 7 tahun. Sebab di momen itu yang paling besar mempengaruhi kecerdasan anak. Apalagi jika ibunya berpendidikan tinggi.

Fakta bahwa anak akan semakin cerdar jika dilakukan pendampingan oleh orang tua diperoleh setelah peneliti mengamati UK Millenium Cohort Studi yang melibatkan lebih dari 8.000 anak yang lahir di Inggris antara September 2000-Januari 2002 beserta ibunya.

Prof Marco Francesconi, salah satu peneliti, mengatakan, kecerdasan anak terlihat sangat jelas ketika di momen emas pertumbuhannya didampingi ibu. Pendidikan ibu jug sangat menentukan kemapuan anak. Ambil contoh ketika anak belajar membaca di usia 3-5 tahun. Bila dia sering didampingi sang ibu yang berpendidikan tinggi, maka skill verbal si anak di usia tujuh tahun akan jauh lebih baik daripada anak yang ibunya mungkin tidak tamat SMA.

Begitu pula ketika ibu kerap menghabiskan waktunya bersama anak untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti jalan-jalan atau melukis akan meningkatkan kemampuan sosial si buah hati.

Lebih lanjut penelitimengatakan, anak pertama seringkali diuntungkan dalam hal ini di mana ibu mereka biasanya lebih banyak punya waktu untuk merawat anak pertama ketimbang anak kedua dan seterusnya.

loading...