Kementerian Lingkungan Hidup Dukung Pemprov DKI Bangun Tempat Pengolahan Sampah Canggih

0

TERASBINTANG.com– Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan segera membangun tempat pengolahan sampah modern dan canggih guna menanggulangi membludaknya sampah di Ibukota.

Lokasi pembangunannya direncanakan di Sunter, Marunda, Cakung-Cilincing dan Duri Kosambi.

Proyek ini disambut gembira oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

“Menurut saya itu bagus ya karena pemerintah DKI setahu saya sudah lama merencanakan itu. Apalagi sampah di Jakarta mencapai 6500 ton per hari,” tutur Tuti Hendrawati selaku Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya dari Kementerian Lingkungan Hidup, kepada Terasbintang.com, Selasa (1/3/2016).

Selain bermanfaat di dalam melakukan penanggulangan sampah, pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF) juga bermanfaat bagi ketersediaan energi. Pasalnya, sampah-sampah teraebut nantinya akan diolah menjadi energi listrik.

“Nanti sisanya bisa dibawa ke Bantargebang biar di sana juga tidak terlalu numpuk,” kata Tuti Hendrawati lebih lanjut.

Presiden Jokowi sudah setuju dengan rencana pembangunan Pemprov DKI Jakarta dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) tentang Percepatan Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Dalam Kota atau Intermediate Treatment Facility (ITF).

Persetujuan itu diberikan pada saat Rapat Terbatas Perihal Kebijakan Strategi Pengelolaan Sampah dan Percepatan Pembangunan Listrik Berbasis Sampah di Kantor Presiden yang digelar kemarin, Jumat (5 Februari 2016 lalu.

Kabar persetujuan Presiden Jokowi ini sempat diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful, kepada media, beberapa waktu lalu.

(Wa)

KOMENTAR