Ketika Calon Presiden AS Tidak Tahu Apa Itu Aleppo

0
Gary Johnson

WASHINGTON DC, TERASBINTANG – Gary Johnson, kandidat presiden Amerika Serikat dari Partai Libertarian, mengejutkan media internasional karena dia tidak tahu tentang Kota Aleppo yang menjadi pusat konflik di Suriah. Peristiwa itu terjadi dalam wawancara dengan stasiun televisi MSNBC, Kamis (8/9) waktu setempat.

Pembawa acara Mike Barnicle bertanya kepada mantan gubernur New Mexico itu, “Jika terpilih nantinya, apa yang akan Anda lakukan tentang Aleppo?” Johnson terlihat bingung, “Aleppo,” ulang Barnicle. Johnson lantas bertanya “apa itu Aleppo?”. Barnicle terkejut dan merespons “Anda bercanda.” Johnson kembali menjawab, “Tidak,”.

Barnicle kemudian menjelaskan kepada Johnson, “Aleppo berada di Suriah, itu merupakan epicenter krisis pengungsi sekarang … ,”  Johnson kemudian menyela “Oke, paham, paham. Well, terkait Suriah, saya berpendapat negara ini dalam kekacauan dan satu-satunya cara kita bisa menangani Suriah adalah dengan bekerja sama dengan Rusia untuk membawa penyelesaian diplomatik.”

Setelah wawancara, Johnson berupaya memperbaiki citranya dengan merilis pernyataan bahwa dia sedang tidak fokus ketika ditanya tentang Aleppo. “Tapi ketika diserang dengan ‘Bagaimana tentang Aleppo?’, saya langsung memikirkan itu sebagai sebuah akronim, bukan konflik Suriah. Saya blanked. Itu bisa terjadi, dan akan terjadi lagi selama masa kampanye ini.” (zz)

KOMENTAR

loading...