Ketua DPR Puji Keberhasilan Polri, Tapi Aksi Teror Bukan Tontonan

0
loading...

TERASBINTANG.com – Langkah Polri yang cepat dan tanggap dalam mengatasi serangan teroris di Sarinah Thamrin terus menuai pujian. Kali ini, pujian itu datang dari Ketua DPR Ade Komaruddin.

Menurutnya, langkah cepat kepolisian itu perlu diapresiasi. Sukses Polri itu tercatat sebagai salah satu penanganan tercepat terhadap aksi teror di dunia.

Namun demikian, kata Ade, masih ada yang perlu diperhatikan untuk perbaikan di masa depan. Salah satunya adalah fenomena bahwa aksi teror itu justru menjadi tontonan masyarakat. Padahal itu membahayakan.

“Tentu ada hal yang harus diperhatikan, bahwa tidak boleh terjadi lagi di masa yang akan datang pada saat terjadi pengejaran masyarakat nonton. Saya kira itu bukan tontonan. Saya kira kita harus bikin SOP baru agar tidak terulang,” kata Ade Komarudin di gedung DPR, Jakarta, Senin (18/1/2015).

Tak hanya SOP, untuk perbaikan penanganan teroris, Ade juga setuju dengan usulan revisi UU terorisme. Revisi itu, kata dia, agar penanganan terhadap tindakan terorisme lebih terarah dan relevan dengan situasi sekarang.

“UU terorisme harus diperbaiki supaya mempunyai kekuatan yang dapat memberantas terorisme dalam pengertian sesungguhnya. Apakah nanti amandemen (revisi -red), kalau terlalu lama amandemen bisa saja mintakan kepada pemerintah untuk keluarkan Perppu,” jelasnya.

“Intinya menyangkut masalah terorisme hal yang mendesak dan hukumnya harus mempunyai kekuatan yang memberikan kewenangan pada pemberantasan terorisme yang dilakukan aparat penegak hukum,” imbuhnhya. (SUM)

loading...