Khofifah Indar Parawansa: Aksi 412 Bukan Mau Menandingi 212

0
loading...

TERASBINTANG.com — Menteri Sosial Khofifah Indrar Parawansa menyatakan, aksi kebangsaan yang mengusung tema Kita Indonesia atau aksi 412, bukan aksi seperti yang diimajikan kebanyakan orang.

Acara yang digelar di Jakarta pada hari ini, Minggu (4/12/2016), konsepnya mirip dengan pagelaran pentas budaya dan pesta rakyat.

“Bukan tandingan, nanti kesannya justru seperti persaingan. Itu lebih sebagai ekspresi dari berbagai elemen masyarakat untuk membangun kebhinnekaan,” ujar Khofifah Indar Parawansa.

Dia menegaskan, pegawai negeri sipil (PNS) tidak diwajibkan datang ke acara festival kebangsaan tersebut. Tidak ada instruksi dari kementerian atau lembaga negara sebagaimana banyak tuduhan dari sejumlah pihak. “Atas dasar apa kami mewajibkan mereka untuk hadir ?” ujar Khofifah balik bertanya.

Meskipun demikian, Khofifah juga tidak melarang apabila ada PNS di Kemensos yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Kalau mereka tahu ya tidak apa-apa. Apalagi di Kemensos ada Direktur Kepahlawanan dan Keperintisan Kepahlawanan,” katanya.

Secara terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono melarang acara 412 dilaksanakan di area car free day apabila memuat unsur politis. Dia menyatakan tidak boleh ada atribut partai politik apapun dan tidak boleh mengkampanyekan calon tertentu di Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang.

“Penegasannya tidak ada kegiatan politik besok, enggak boleh ada kegiatan politik di CFD,” kata Sumarsono, di kawasan Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2016).

loading...