Klarifikasi Istana Mengejutkan Terkait Kunjungan Presiden Jokowi ke Turki dan Jerman

0
loading...

TERASBINTANG.com — Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Turki dan Jerman mendapat kritikan karena memboyong keluarga besar ikut dalam rombongan. Selain Ibu Negara Iriana, Jokowi juga membawa anak-anaknya yakni Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Selvi Ananda, istri Gibran, juga ikut bersama dengan anaknya yang masih bayi, Jan Ethes.

Kunjungan kerja Jokowi diprotes sejumlah pihak, pihak istana menyampaikan klarifikasi mengejutkan. Pasalnya, meski keikut sertaan keluarga Jokowi dalam rombongan tidak mengurangi space peabat negara yang juga harus ikut karena menggunakan kompartemen yang dikhusukan untuk Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, Jokowi yang membayar semua akomodasi keluarga besarnya. Sehingga dia membebani keungan negara.

“Perlu diketahui bahwa anggota keluarga Presiden Jokowi selama penerbangan berada di bagian kompartemen yang selama ini hanya diperuntukkan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Sehingga keberadaan anggota keluarga Presiden Jokowi tidak mengurangi kapasitas penumpang rombongan resmi Presiden,” kata Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/7/2017).

“Presiden menegaskan bahwa seluruh biaya perjalanan dan akomodasi anggota keluarga Presiden yang turut serta dalam perjalanan ke Turki dan Jerman sejak 5 sampai 9 Juli 2017 menjadi tanggungan pribadi Presiden,” kata dia menambahkan.

Sejumlah pejabat ikut serta dalam rombongan Presiden Jokowi dalam kunjungan ini. Mereka adalah Plt Kepala Sekretariat Presiden Winata Supriatna, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Andri Hadi, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dan Plt Deputi Bidang Protokol, Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Ari Setiawan.

loading...