KMP Kompak Dukung Program Pemerintah, Nasib Gerindra Gimana?

0
loading...

TERASBINTANG.com – Partai Gerindra diprediksi akan sendirian menjadi partai oposisi dalam Koalisi Merah Putih. Hal ini disebabkan karena beberapa pendukung KMP berganti haluan merapat pada pemerintah.

Terakhir, Partai Golkar hasil Munas Bali yang dipimpin Aburizal Bakrie mempertimbangkan opsi untuk bergabung ke pemerintahan.

Sebelumnya PKS memberikan sinyal nyatakan dukungan ke pemerinta, sedangkan PAN sudah resmi bergabung.

Bahkan PPP kubu Djan Faridz juga sudah menyatakan keinginannya untuk mendukung pemerintahan Jokowi-JK, dan tidak bergabung dengan KMP ataupun KIH.

Menurut pengamat politik dari Universitas Padjadjaran Idil Akbar menilai, situasi ini bisa menjadi akhir bagi KMP, yang semula dicita-citakan sebagai koalisi permanen. Pada akhirnya, menjadi oposisi memang tidak semudah yang dibayangkan dan bergabung dengan kekuasaan adalah jalan terbaik.

“Bisa saja nanti KMP tinggal menyisakan Gerindra. Mereka tinggal fighting sendirian sebagai oposisi di DPR,” kata Idil Akbar, Rabu (6/1/2016).

Gerindra cukup berjuang sendirian menjadi parpol oposisi, dengan konsisten mengkritik kebijakan pemerintah yang tidak tepat, “Pada era Presiden SBY dulu PDI-P juga demikian,” tegas Idil.

loading...