Konferensi Tingkat Tinggi IORA 2017, Menpar Targetkan 20 Juta Wisman

0
loading...

TERASBINTANG.com- Penyelenggaraan KTT IORA 2017 dengan tema “Strengthening Maritime Cooperation for Peaceful, Stable and Prosperous Indian Ocean” akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-7 Maret 2017.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, pemerintah menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019. Untuk mendukung target tersebut, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah regulasi antara lain memberikan bebas visa kunjungan singkat (BVKS) untuk 169 negara.

Arief menambahkan untuk mendukung sektor pariwisata dibutuhkan konektivitas udara yang memadai.

“Konektivitas udara sangat penting, mengingat 75 persen kunjungan wisman ke Indonesia menggunakan moda transportasi udara. Ketersediaan seat pesawat yang cukup menjadi kunci pencapaian target 2019,” ujar Arief.

KTT perdana IORA digelar hari ini di Jakarta pada 5-7 Maret 2017. Forum penting ini dibuka dengan pertemuan pejabat senior (senior official meeting/SOM). Pertemuan tersebut dilangsungkan untuk membahas rancangan awal dokumen rumusan KTT. Sementara hasilnya baru akan dibahas esok hari dalam pertemuan pejabat tingkat menteri (ministrial official meeting).

Konferensi Tingkat Tinggi IORA akan dihadiri sejumlah kepala negara dari 21 negara anggota, serta tujuh negara mitra wicara. Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir untuk membuka konferensi yang diinisiasi pada 1995.

IORA beranggotakan 21 negara yaitu Australia, Afrika Selatan, Bangladesh, Komoros, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambik, Oman, Seychelles, Singapura, Somalia, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Yaman.

Selain itu, sebanyak tujuh negara mitra wicara yaitu Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Jerman, Mesir, Tiongkok, dan Perancis.

Tercatat, empat negara anggota IORA yakni Afrika Selatan, Australia, India, dan Indonesia serta enam negara mitra AS, RRT, Jerman, Inggris, Jepang dan Perancis merupakan anggota G20.

loading...