KPUD DKI Jakarta Akan Sempurnakan DPT Pilgub DKI Putaran II

0

TERASBINTANG.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, akan melakukan penyempurnaan Data Pemilih untuk putaran kedua Pilkada sejak hari ini (6/3). Hal itu disampaikan oleh ketua Pokja Muhammad Sidik, kemarin saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Peserta Pemilihan dan Launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 di Hotel Borobudur.

“Penetapan calon gubernur dan wakil gubernur,  untuk putaran kedua sudah ditetapkan. Dua hari setelah penetapan, atau pada tanggal 6 Maret, kita sudah melakukan penyempurnaan data pemilih,” ujar Muhammad Sidik, kemarin.

Sejumlah kegiatan penyempurnaan data pemilih akan dilakukan oleh KPUD DKI Jakarta diantaranya, mulai pembukaan desk pendaftaran di setiap kelurahan, rapat koordinasi dengan dukcapil, hingga nanti membahas DPT dengan stakeholder.  Warga yang belum masuk dalam DPT, juga diharapkan proaktif untuk mendaftar.

“Kami juga akan mengundang tim paslon untuk mensosialisasikan penyempurnaan data pemilih untuk putaran kedua nanti.  Rencananya besok, kami undang mereka,” jelas Sidik.

Pemungutan suara pada putaran kedua dijadwalkan akan berlangsung pada 19 April 2017 mendatang. Pemilih yang telah berusia 17 tahun, pada tanggal tersebut mempunyai hak pilih. Karena itu, KPU DKI juga akan mengakomodir pemilih pemula tersebut untuk masuk dalam Daftar Pemilih Tetap.

“Selain itu pemilih yang tidak masuk DPT pada putaran pertama, juga akan kita masukan dalam DPT.  Termasuk mereka yang menggunakan surat keterangan. Jadi sepanjang warga memenuhi syarat, seperti mempunyai e-KTP berhak untuk memilih,” pungkas Sidik.

loading...