Kredibilitas MUI Tercoreng! Ini Dia Posisi Ma’ruf Amin di Pilgub DKI

0

TERASBINTANG.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) boleh saja cari alasan untuk menghindar dari kecirugaan publik tentang keberpihakannya dalam menyikapi Pilgub DKI Jakarta.

Pasalnya, setelah dikabarkan pernah ‘kongkow’ bareng keluarga Cikeas sebelum akhirnya mengeluarkan fatwa terhadap kasus Ahok, kini Ketua MUI Ma’ruf Amin tampak memuji-muji pasangan jagoan Cikeas itu, Agus-Sylvi.

Hal ini tampak ketika Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviani Murni berkunjung ke kantor PBNU kemarin, Ma’ruf merasa yakin bahwa putra mahkota Susilo Bambang Yudhoyono ini akan meraih dukungan dari warga nahdliyyin. Sebab, menurutnya, pasangan ini punya kepribadian yang bagus, cerdas dan santun.

“Saya yakin pula bahwa warga NU siap mendukung Agus-Sylvi di pilgub DKI. Meski kita bukan parpol namun kami juga bisa mendukung dengan cara mendoakan,” ujar Ma’ruf Amin.

 

Mendukung pasangan calon tertentu tentu sah-sah saja. Tetapi bila itu diumbar ke publik dalam kapasitasnya sebagai petinggi MUI yang baru saja menfatwakan Ahok telah menistakan agama, rasa-rasanya justru akan semakin mencoreng citra MUI sendiri.

MUI akan semakin suram kredibilitasnya bila hal ini terjadi. Walaupun tentu, perlu juga ditelusuri seberapa berpengaruh dukungan ini terhadap rumusan fatwa ulama di MUI. Namun, jelas secara etika politik, tetap akan jadi masalah.

 

KOMENTAR