KTT IORA 2017, Menlu Australia Apresiasi Indonesia

0

TERASBINTANG.com- Julie Bishop Menteri Luar Negeri Australia mengucapkan selamat atas penyelenggaran KTT IORA 2017 yang berlangsung di Jakarta Convention Centre, Indonesia, 5-7 Maret 2017.  Bishop mengapresiasi kemampuan Indonesia dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association.

“Kami ucapkan selamat kepada Indonesia atas agenda yang sangat ambisius untuk IORA. Australia dengan senang hati mendukung Indonesia,” ujar Bishop.

Sejumlah 21 negara menghadiri KTT IORA 2017. Australia, Afrika Selatan, Bangladesh, Komoros, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambik, Oman, Seychelles, Singapura, Somalia, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Yaman. Kedua puluh satu negara tersebut selain menghadiri pertemuan tingkat tinggi juga merupakan anggota yang resmi berdiri sejak tahun 1997.

Bishop memuji Indonesia sebagai negara dengan naluri kepemimpinan yang baik. Menurutnya, dibawah Indonesia IORA telah mencapai tingkat kedewasaan yang baru sebagai sebuah organisasi, dan itu semua sebab Indonesia.

Sejak resmi berdiri pada tahun 1997, negara-negara yang tergabung dalam IORA sepakat melakukan kerjasama pada bidang Keselamatan dan Keamanan Maritim; Fasilitasi Perdagangan; Manajemen Perikanan; Manajemen Risiko Bencana Alam; Kerja Sama Akademis dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi; Pertukaran Kebudayaan dan Pariwisata.

Selain 21 negara tersebut IORA juga menggandeng 7 negara mitra dialog, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Jerman, Mesir, Perancis dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Terdapat juga dua 2 organisasi peninjau di IORA yaitu Indian Ocean Tourism Organization(IOTO) dan Indian Ocean Research Group (IORG).

loading...