Larang Demo 212, MUI Minta GNPF Tidak Melenceng dari Tuntutan Awal

0

TERASBINTANG.com – Dewan Pimpinan MUI akhirnya melarang adanya aksi demo susulan yang akan digelar pada 2 Desember 2016 nanti. Namun, jika terpaksa harus turun jalan, MUI meminta agar umat Islam tidak melenceng dari tujuan awal demo, yakni menuntut keadilan untuk memproses hukum kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“MUI mengimbau agar demo dilakukan dengan sopan. Tertib, damai, akhlaqul karimah, serta mematahui peraturan yang berlaku,” ujar Wasekjen MUI Sholahudin Al-Ayubi dalam konferensi pers di kantor MUI, Jl Proklamasi, Jakpus, Selasa (22/11/2016).

Dengan demikian, kata Sholah, demo yang digelar nanti tidak mengganggu kebhinnekaan dan NKRI.

Selain itu, MUI juga meminta aparat penegak hukum agar mengedepankan pendekatan persuasif dalam mengamankan demonstran. Apapun yang berbentuk kekerasan harus sejauh mungkin dihindari.

“MUI menghimbau kepada pihak kepolisian dan aparat keamanan lainnya, hendaknya dalam menghadapi para peserta unjuk rasa tetap mengedepankan pendekatan persuasif, dialogis profesional dan proporsional serta menghindari penggunaan kekerasan,” ujar Sholah.

KOMENTAR