Lawan Deparpolisasi, Ahok: Deparpolisasi Terjadi Jika Partai ‘Melawan’ Rakyat

0

TERASBINTANG.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan melawan di garda terdepan jika ada gerakan mendukung deparpolisasi.

Menurut Ahok, Deparpolisasi akan meruntuhkan konstitusi. “Sebetulnya ya, kita harus melawan deparpolisasi, saya akan maju duluan. Jadi kalau yang ada di republik ini melakukan deparpolisasi saya maju lawan duluan. Karena itu sama saja akan meruntuhkan konstitusi,” kata Ahok kepada wartawan di sela meresmikan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (10/3/2016).

Menurut Ahok, sebenarnya calon independen di pilkada bukan ancaman bagi partai politik. Soal deparpolisasi bisa saja dilakukan oleh pengurus internal partai politik itu sendiri. Misalnya pengurus partai politik bertindak atau mengeluarkan kebijakan yang bertentangan atau ‘melawan’ hari nurani rakyat.

“Justru (yang) melakukan deparpolisasi bisa jika pengurus di dalam melakukan sesuatu berlawanan hati nurani rakyat, itu deparpolisasi,” kata dia.

Niat dia maju melalui jalur independen salah satunya adalah untuk menunjukkan bahwa partai politik tak bisa dikuasai seenaknya. “Yang kami lakukan (independen) sekarang, justru menunjukkan perlawanan bahwa parpol itu tidak boleh dikuasai seenaknya,” kata Ahok. (Rs)

KOMENTAR