LUAR BIASA!!! Pemerintah Buat Aplikasi LAPOR, Tempat Masyarakat Sampaikan Pengaduan dan Aspirasi

0

TERASBINTANG.com – Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, baik berupa kritik maupun pengaduan, pemerintah membuat aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dibuat atas kerjasama Kantor Staf Presiden (KSP),  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kempan-RB), dan Ombudsman RI (ORI).

“Ini kerja sama kita bertiga untuk meningkatkan pelayanan publik untuk menjawab komplain masyarakat. Umumnya masalah yang kecil-kecil, orang sungkan lapor ke Jakarta sehingga banyak kegagalan pelayan publik tidak dilaporkan. Selain itu juga karena biaya besar sehingga tidak dilaporkan,” kata Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dalam acara ‘Penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) tentang Pemanfaatan Aplikasi LAPOR’ di Ruang Rapat Utama Lt. 2, Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jl. Veteran No. 16, Jakarta Pusat, Senin (14/3/2016)

Menurut Teten, LAPOR merupakan sistem aplikasi elektronik berbasis media sosial dengan menerapkan sistem yang mudah dan terpadu. Melalui LAPOR, masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan aspirasi dan pengaduan, terkait pelayanan dan pembangunan melalui situs www.lapor.go.id, SMS ke 1708, mobile apps android dan Blackberry, serta media sosial [email protected] dan Facebook LAPOR. Nantinya pengaduan maupun aspirasi tersebut akan diteruskan kepada Presiden atau kementerian/lembaga terkait.

Dengan sistem terpadu dengan prinsip ‘no wrong door policy’ aplikasi LAPOR telah terhubung dengan 81 kementerian/lembaga, 5 Pemerintah Daerah dan 44 BUMN, dengan total lebih dari 800 unit kerja dalam kesatuan sistem. Sehingga setiap laporan masyarakat akan diteruskan ke instansi berwenang secara cepat tepat dan dapat dipantau tindak lanjutnya secara interaktif. (SUM)

KOMENTAR