Mahasiswa Gelar Unjuk Rasa Tuntut Penutupan Freeport

0

TERASBINTANG.com – Forum Persatuan Mahasiswa Tutup Freeport, menggelar aksi unjuk rasa menuntut PT Freeport Indonesia ditutup. Aksi digelar di depan kantor DPR Papua, Senin (20/3/2017).

Dalam aksinya, para pendemo membagikan banyak selebaran yang isinya menutup Freeport dan menentukan nasib sendiri. Penanggung jawab aksi aksi, Nelius Wenda menyuarakan agar mahasiswa dan masyarakat satu suara meminta PT Freeport ditutup.

“Ini karena keberadaan Freeport tidak banyak memberi keuntungan pada Papua meski lokasi tambang ada di Papua. Sudah sekian lama Freeport beroperasi di Papua tapi hasilnya hanya begitu-begitu saja. Kami meminta agar Freeport ditutup,” kata Nelius, Senin (20/3/2017).

Anggota DPR Papua, Ruben Magai mengaku sangat mendukung ditutupnya PT. Freeport Indonesia. Sebab, pengoperasian tambang tersebut tidak membawa dampak yang luar biasa bagi kesejahteraan masyarakat Papua selama ini.

Ruben mengaku pihaknya akan membentuk Pansus penutupan Freeport Indonesia. “Namun sebelumnya kami akan melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh adat, masyarakat dan agama di Papua,” tuturnya.

Apabila nantinya kontrak PT. Freeport Indonesia diperpanjang, Ruben Magai meminta, Freeport untuk melakukan studi banding di Papua New Guinea.
“Di sana masyarakat adatnya mendapatkan honor setiap bulan dari perusahan tambang yang beroperasi di sana dan juga punya saham didalamnya. Ini yang harus dilakukan oleh Freeport. Kalau tidak, bubar saja atau ditutup saja perusahannya,” tegasnya.

loading...