Makna Sumpah Pemuda di Mata Aktivis

0

TERASBINTANG.com — Andi Busman,SH, Aktivis Asal Muara Badak dan Sekaligus Pendiri Organisasi SERIKAT PEMUDA RAKYAT KRITIS IDEALIS [SEPARATIS] merenungkan dan memaknai Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini.

Sumpah Pemuda merupakan pengakuan dari pemuda-pemudi Indonesia yang mengikrarkan Satu Tanah Air, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa ( INDONESIA). Organisasi kepemudaan memiliki peran besar merawat persatuan ini. Jangan sampai tergerus oleh kepentingan politik sesaat.

“Peran oraganisasi kepemudaan di Indonesia dan kecamatan Muara Badak khususnya, sangat penting guna mendorong program pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menciptakan pemerintahan bersih dan bermartabat( Good Governance) dalam derasnya arus pragmatisme politik yang bergulir di tingkatan elit penguasa. Baik di legislatif dan eksekutif, ditunjang kuatnya kepentingan atau intervensi partai untuk merebut dan mempertahankan kekuasaan dan tidak lagi melihatkan keberpihakannya terhadap rakyat,” katanya.

“Sehingga sebagai kaum muda yang KRITIS dan IDEALIS kita harus berkomitmen untuk selalu memberikan sumbangsih pemikiran-pemikiran yang sifatnya membangun bangsa dan negara serta menjadikan moment Sumpah Pemuda sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme,” ujarnya.

Busman berharap, Muara Badak, tempat kelahirannya, bisa sejajar dengan Kabupaten /Kota besar di Indonesia. Pemuda yang selalu bersuara ke level nasional untuk perubahan Buara Badak ini berharap daerahnya dapat hidup dengan sejahtera, mengingat Muara Badak adalah salah satu daerah penyumbang devisa yang cukup besar ke negara dari sektor MIGAS yang mulai dieksplorasi sejak tahun 1970 oleh Huffco Indonesia. Dan pada Tahun 1991 sampai 2016 dikelola oleh Vico Indonesia.

“Namun sangat disayangkan Muara Badak masih jauh dari kata sejahtera dan lebih layak di sebut seperti kota mati tak bertuan,” ujar Busman.

“Harapan serta doa mewakili suara pemuda- pemudi Muara Badak, Anggana, Sanga-sanga dan marang kayu agar daerah penghasil Migas dapat merasakan sebuah kesejahteraan baik dalam bentuk infrastruktur pembangunan jalan, jembatan, kesehatan, pendidikan, dan bentuk sosial,” kata Busman.

KOMENTAR