Mantan Ketua MK, “Jangan Korbankan Negara Hanya untuk Kasus Seorang Arcandra!”

0

JAKARTA, TERASBINTANG – Kasus kewarganegaraan asing Arcandra Tahar diminta jangan sampai mengorbankan negara dengan memperbolehkan warga Indonesia berkewarganegaraan ganda. “Jangan korbankan negara hanya untuk kasus seorang Arcandra,” ujar Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD di Jakarta, Rabu (24/8).

Mahfud menuturkan, status kewarganegaraan ganda sudah pernah dibahas tuntas di DPR saat dirinya menjabat sebagai wakil rakyat. Saat itu diputuskan bahwa kewarganegaraan ganda tidak boleh, karena hal itu menyangkut jati diri bangsa dan komitmen terhadap negara.

Dia mencontohkan, seperti warga Indonesia yang beristri di luar negeri, dan anaknya melahirkan di luar negeri. “Itu kan hukum mau tidak harus berkewarganegaraan ganda demi si anaknya. Tapi setelah berumur 18 tahun, kewarganegaraan asingnya harus dilepas,” katanya.

Ia menilai, dalam kasus Arcandra, yang bersangkutan tidak bisa melepas begitu saja kewarganegaraan Amerika-nya, karena pelepasan kewarganegaraan membutuhkan proses lama. (es/zz)

KOMENTAR

loading...