Mantan TKW yang Simpan 6.383 Gram Sabu Diringkus Aparat Kepolisian

0

TERASBINTANG.com – Polda Metro Jaya menangkap mantan tenaga kerja Indonesia wanita (TKW) di luar negeri yang diketahui sebagai pemasok 6.383 gram sabu dari Tiongkok ke Indonesia.

Pelaku yang berinsial ST alias SS alias CK ditangkap di Jakarta, Rabu, 17 Januari 2016.

“ST dipekerjakan seorang warga Nigeria untuk mengatur importasi barang haram tersebut,” kata Kepala Subdit II Direktorat Reserse Narkoba (Ditres Narkoba) Polda Metro Jaya AKBP Gembong Yudha di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/1/2016) pagi.

Menurut Gembong, ST tinggal di Tiongkok selama 11 tahun, dan pengungkapan jaringan ST bermula ketika aparat melakukan control terhadap barang-barang kiriman dari Tiongkok, Kamis 14 Januari 2016.

Perempuan berusia 30 tahun asal Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut mengaku sebagai korban, diketahui bahwa pelaku itu fasih berbahasa Tiongkok.

“ST juga mengaku korban jajak pendapat (refrendum) antara Indonesia dengan Timor Timur (Timor Leste sekarang) pada 1998. Saat itu ia baru pulang setelah menjadi TKI di luar negeri, berkenalan dengan CNO alias DB warga Nigeria. Dia lalu diboyong ke Tiongkok untuk diperkenalkan dengan bisnis narkoba,” kata Gembong.

Lanjut Gembong, setelah didalami, ternyata dia bekerja untuk orang Nigeria berinisial CNO alias DB. Barang itu dipesan oleh seseorang berinisal SC alias ND, penerima paketnya. Selanjutnya 18 Januari 2016, polisi menangkap SC alias ND di Hotel Java Paragon, Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Jawa Timur. Upaya penangkapan itu kemudian berlanjut hingga ke Jakarta, CNO alias DB diringkus di Tower Emerald lantai 19 SG, Apartemen Gading Nias. (Rs)

 

loading...