Margarito Kamis: Deponering Kasus Samad-Bambang Sangat Tidak Masuk Akal

0

TERASBINTANG.com – Pakar hukum tata negara, Margarito Kamis menilai keputusan Jaksa Agung HM Prasetyo mendeponering (mengesampingkan) kasus mantan pimpinan KPK, Abraham Samad (AS) dan Bambang Widjojanto (BW) tidak berasalan sama sekali.

“Kan sudah P-21 (berkas perkara lengkap). Artinya, perkara ini sudah cukup beralasan hukum untuk disidangkan. Kenapa kok akhirnya Jaksa Agung mengeluarkan deponering. Dengan alasan yang jujur saja, kalau lihat pernyataan Jaksa Agung, dia sulit menemukan alasan yang tepat,” kata Margarito Kamis, Senin (7/3).

Predikat pegiat antikorupsi yang disandangkan Bambang dan Abraham Samad sebagai alasan penerbitan deponering ini tidaklah masuk akal. Jika demikian, kata Margarito Kamis, pegiat antikorupsi yang bergerak di luar lembaga KPK bisa pula mendapat keputusan istimewa semacam itu.

“Jaksa Agung mengatakan ada hal yang luar biasa. Itu malah lebih kacau. Apanya yang luar biasa ? Perkara terhadap mereka akan membahayakan pemberantasan korupsi, apanya yang membahayakan,” ujarnya.

Margarito Kamis menduga, keputusan ini bersifat politis dan sudah dirancang sebelumnya. Dengan demikian, alasan penerbitan deponering baru dipikirkan belakangan untuk menyembunyikan kepentingan politik di dalamnya. (fk)

KOMENTAR