Mengokohkan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

0
loading...

TERASBINTANG.com – Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat semakin luntur seiring dengan pesatnya arus globalisasi. Padahal, sebagai ideologi bangsa, Pancasila merupakan landasan utama bangsa Indonesia. Tanpa mengamalkan nilai-nilai Pancasila, Indonesia sulit menjadi bangsa besar.

“Saat ini kehidupan bernegara yang berlandaskan Pancasila semakin terlupakan. Dalam kehidupan sekarang memang semuanya butuh iptek, tapi nilai-nilai budaya dalam Pancasila jangan kita tinggalkan,” kata Zulkifli saat menjadi pembicara dalam Seminar Legislasi Nasional di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/3/2017).

Dengan Pancasila, kata Zulkifli, semua sektor kehidupan berbangsa dan bernegara akan tearah.

“Kalau butir-butir Pancasila ini kita amalkan, maka cita-cita kemerdekaan yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia akan tercapai. Bahkan kehidupan berpolitik pun akan terarah tanpa ada penyimpangn di dalamnya,” ungkap Zulkifli.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini pun mengingatkan kalangan kampus termasuk UPI untuk terus mengidupkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia.

“Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, akademisi UPI harus menjaga Empat Pilar Kebangsaaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Tanamkan empat pilar tersebut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai mahasiswa sudah sepatutnya mengamalkan nilai pancasila agar tujuan dan cita-cita NKRI mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur bisa tercapai,” imbuh Zulkifli.

loading...