Menko Polhukam Minta Demo 4 November Bejalan Aman dan Bermartabat

0

TERASBINTANG.com — Menko Polhukam Wiranto menghimbau para peserta demo Ahok pada 4 November nanti tidak melanggar aturan, menjaga keamanan dan ketertiban.

“Kami mengharapkan demo tanggal 4 November 2026 tidak melanggar aturan, memang tidak dilarang menyampaikan pendapat di muka umum dan dilindungi UU,” kata Wiranto di Istana Merdeka, Selasa (1/11/2016).

Ia juga menyebutkan demo ini dinformasikan kepada pihak kepolisian soal jumlah peserta, siapa saja pemimpinnya dan atribut yang digunakan. Jika demo melanggar aturan, maka itu termasuk aksi yang salah.

“Sehingga tidak dengan demikian meresahkan masyarakat, kalau satu demontrasi sudah mengganggu kebebasan orang lain berarti itu sudah langkah yang salah,” ucap Wiranto.

Dia menambahkan, para peserta aksi sudah harus membubarkan diri pada pukul 18.00 WIB. Sesuai aturan yang berlaku, demo hanya boleh sampai pukul 6 sore. Lebih dari itu, demo bisa dikatakan melanggar aturan.

Terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok terkait surat Al Maidah ayat 51, Wiranto mengatakan proses hukumnya sedang berjalan dan ditangani pihak berwajib. Wiranto meminta masyarakat tenang, bersabar.

KOMENTAR