Menkominfo Sebut Hoax Lebih dari Sekedar Informasi Palsu

0
loading...

TERASBINTANG.com – Di era digital saat ini, berita hoax menyebar begitu cepat dan diserap masyarakat mentah-mentah. Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara mengatakan, hoax lebih dari sekedar informasi palsu. Sebab, hoax bisa menjadi pemicu keributan bahkan kerusuhan yang dapat meresahkan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Rudiantara dalam Deklarasi Masyarakat Kalimantan Barat Anti Hoax di Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Minggu (19/3/3017).

Berita hoax, kata Rudiantara, juga menghabiskan energi dan berpotensi mengganggu keamanan nasional. Pemerintah pun saat ini serius dalam upaya memerangi berita-berita hoax, misalnya dengan cara memblokir situs yang menyebarkannya.

“Pemblokiran sebenarnya merupakan langkah akhir. Nah, untuk tingkat Provinsi, Kalimantan Barat menjadi Provinsi pertama dalam deklarasi masyarakat Anti Hoax,” ujar Rudiantara.

“Pemerintah mendorong adanya semacam kode etik untuk menggunakan media sosial. Kode etik dimaksudkan menjadi batasan, seluruh masyarakat Indonesia harus bergerak untuk melawan hoax,” tambah dia.

loading...