Menkopolhukam Minta Polisi Tindak Tegas Ormas Pengganggu Pilkada

0
loading...

TERASBINTANG.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto meminta aparat keamanan menindak tegas ormas-ormas radikal yang mengganggu penyelenggaraan Pilkada serentak pada 15 Februari mendatang.

“Saya minta kepada aparat kepolisian menindak tegas dan tertibkan ormas-ormas yang mengganggu proses Pilkada,” ujar Wiranto dalam rapat koordinasi Pilkada serentak 2017 Kementerian Dalam Negeri di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (31/1/2017)

Kesuksesan penyelenggaraan Pilkada, kata Mantan Ketua Umum Hanura itu, menjadi tolok ukur sejauh mana sebuah negara bisa menjalankan proses demokrasi secara baik. Pilkada menjadi satu simbol proses demokrasi yang berorientasi pada kepentingan masyarakat. Sebab itu, dia berharap seluruh pemangku kepentingan berperan dalam menjaga penyelenggaraan Pilkada.

“Tentu kita harus tahu urgensi Pilkada. Pilkada merupakan satu simbol proses demokrasi yang berorientasi pada kepentingan rakyat. Mengapa? Dalam demokrasi, wilayah politik menjadi dominan dalam mem-backup demokrasi. Dengan demikian, pemilu menjadi tolak ukur apakah negara bisa menjalankan demokrasi,” ungkapnya.

Selain itu, dia juga meminta pihak penyelenggara pemilu mewaspadai para pendukung calon kepala daerah yang saling Serang, menyebar fitnah, dan kabar palsu yang dapat mengganggu proses pemilu.

loading...