Menteri Susi: Kapal MV Viking Akan Dijadikan Monumen Pemberantasan “Illegal Fishing”

0

TERASBINTANG.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ingin jadikan bangkai kapal MV Viking sebagai monumen pemberantasan illegal fishing di Cagar Alam, Pantai Barat Pangandaran, Jawa Barat.

“Bangkai kapal ini nanti akan dijadikan monumen keberhasilan perangi illegal fishing,” jelas Menteri KKP RI Susi Pudjiastuti kepada wartawan sebelum acara penenggelaman kapal MV Viking dimulai, di sebuah hotel tak jauh di lokasi acara, Senin (14/3/2016) siang.

Menurut Susi, Langkah ini sebagai lambang bahwa Indonesia punya komitmen dan jadi negara paling tegas terhadap kapal pencuri ikan. “Kita buktikan IUU (illegal, unreported dan unregulated ) fishing bukan hanya sekadar kejahatan. Saya harap IUU Fishing ini bisa jadi terklasifikasi sebagai kejahatan terkoordinasi antarnegara. Itu target kita,” jelas dia.

Kerugian akibat illegal fishing, menurut Susi, sangat luar biasa. Negara-negara di Pasifik, Afrika, dan Indonesia kehilangan banyak sumber daya ikan akibat illegal fishing seperti yang dilakukan MV Viking.

MV Viking, kata Susi, merupakan buronan yang diburu interpol dari sejumlah negara selama bertahun-tahun. (Rs)

 

KOMENTAR